Header Ads

  • Info Terkini

    Biar Empuk, Beginilah Cara Memasak Cumi

    cara memasak cumi
    Untuk para pecinta Seafood, cumi adalah makanan favorit yang lezat untuk di makan. Kelezatan cumi terkadang terganggu dengan daging cumi yang alot/tidak empuk saat di kunyah. Untuk para cumi yang ingin memasak sendiri di rumah, inilah cara memasak cumi agar empuk.
    Sebagai langkah awal, ada 3 langkah utama sebelum cumi di sajikan yang di mulai dari pemilihan, pembersihan dan proses memasak. Pemilihan cumi menjadi faktor penting untuk menentukan seberapa empuk dan mudahnya memasak cumi. Setelah itu, perhatikan proses pembersihan dan memasak.

    Tips Memilih Cumi Yang Baik

    Berikut adalah tips memilih cumi yang baik yaitu :
    1. Perhatikan penampilan fisik cumi seperti mata. Mata cumi yang bening menandakan cumi masih segar. Pastikan juga bahwa tidak ada daging cumi yang robek sehingga bebas dari kontaminasi kuman. 
    2. Dari segi penampilan, cumi yang segar memperlihatkan warna putih dan ada bercak kemerahan pada kulit luar. Cumi yang sudah tidak fresh biasanya memperlihatkan warna kuning dan dging warna pink kemerah-merahan.
    3. Pastikan cumi masih beraroma khas ikan laut bukan beraroma bau amis.

    Tips Membersihkan Cumi

    Ada yang berbeda saat membersihkan cumi dengan ikan lain. Perlu beberapa hal yang di perhatikan saat membersihkan ikan cumi terutama kantung tinta. Jika kantung tinta pecah saat di bersihkan maka akan menjadikan pahit rasa daging cumi.
    Saat membersihkan cumi, lakukan dengan hati-hati saat memisahkan kepala dan badan cumi. Hal tersebut untuk menghindari pecahnya kantung tinta.

    Tips Memasak Cumi

    Memasak cumi agar empuk bukanlah hal yang sulit yang terpenting perhatikan waktu/seberapa lama cumi di masak. Waktu memasak cumi yang lama akan membuat daging cumi menjadi alot. Perhatikan suhu minyak, jika suhu minyak panas banget maka waktu yang dibutuhkan untuk memasak cumi tidaklah terlalu lama; -/+ 2 menit.
    Setelah selesai merebus cumi, segera masukkan cumi ke dalam air dingin. Hal tersebut untuk menjaga agar daging cumi tetap empuk.

    No comments

    Post Top Ad