Yang satu ini berbeda Loh Bund : Resep Opor Pedo


Dulu, konsumsi daging terutama daging ayam masih bisa tergolong rendah. Now, ketersediaan daging ayam di pasaran sudah banyak tersedia sehingga memudahkan penggemar daging ayam berkreasi masakan dari bahan dasar daging ayam. Btw, resep pedo kali ini tentang cara memasak opor ayam dengan sedikit bahan yang berbeda.
Daging ayam tergolong bahan makanan yang mudah di olah baik di goreng maupun olahan lainnya. Salah satu olahan daging ayam yang populer di masyarakat adalah opor ayam. Opor ayam ini bisa di sajikan dengan nasi maupun ketupat, Yummii.
Dah gak sabar ya bund mencoba resep pedo ini ya, tenang dulu bund, sebelumnya kita persiapkan bahan-bahan masakan terlebih dulu seperti 1 ekor ayam dan bahan-bahan bumbu lainnya. Resep kali ini di tujukan untuk 4 porsi ya bund. Daging ayam di potong menjadi bagian-bagian kecil saja, ya kira-kira 8 potong aja.
Meskipun memasak opor bukanlah hal baru tapi tetap saja memungkinkan ada bahan-bahan bumbu yang terlewatkan. Kan jadi tambah pedo aja jika ada penambahan bumbu ya ga bund.

BAHAN UNTUK OPOR AYAM:
-1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
-2 batang serai, dimemarkan
-2 lembar daun salam
-500 ml air
-200 ml santan
-1 sdt gula
-1 sdt garam
-3 sdm minyak goreng

BUMBU UNTUK OPOR AYAM:
-8 siung bawang merah
-5 siung bawang putih
-5 butir kemiri, sangrai
-1 jari lengkuas
-1 sdt ketuumbar
-bawang goreng, tergantung selera

CARA MEMBUAT OPOR AYAM:

Cuci ayam hingga bersih, atau rebus ayam sebentar dan buang airnya. Belender atau ulek bumbunya. Panaskan minyak goreng, Tumis bumbu halus hingga harum. Masukan serai dan daun salam aduk-aduk sebentar. Masukan air, santan, dan ayam, rebus hingga ayam matang. taburkan ayam goreng jika diinginkan. opor ayam sudah siap di sajikan.
Gimana bund, mudahkan memasak opor ayam itu. Meskipun mudah cita rasa pedo itu ada pada komposisi bahan bumbu yang di racik ya. Itulah yang membedakan mana masakan yang pedo mana yang tidak bahkan ada juga yang berasa hambar bund. Kunci nya ada pada ketulusan dan kebiasaan memasak.
Sekedar quote saja ya bund" Masakan di dapur itu lebih pedo bila di masak dengan sepenuh hati dan bahan-bahannya pun di pilih yang natural" 
Semoga bermanfaat ya resep pedo ini dan pastikan bunda tetep memilih resep pedo sebagai bahan referensi memasak ibu rumah tangga.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Masak Ayam Rendang Tanpa Santan

Resep Ayam Penyet Gurih Spesial

Resep Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu