Header Ads

  • Info Terkini

    Resep Masakan Sambal Hati Ampela

    sambal ati
    Porsi: 3 porsi
    Persiapan memasak: 20 menit
    Lama memasak: 15 menit
    kalori: 311,2 kal
    Protein: 38, 4 gr 
    Lemak: 5,6 gr
    Karbohidrat: 26,8 gr
    Memberikan yang terbaik adalah sesuatu yang selalu dan akan kita lakukan untuk keluarga tercinta. Termasuk menyiapkan dan menyajikan lezat bergizi. 
    Makanan ini juga di butuhkan anak-anak dan remaja yang memiliki aktifitas tinggi. Tujuannya untuk memulihkan kondisi tubuh dari rasa lelah setelah berolah raga atau melakukan kegiatan yang menguras tenaga. 
    Resep di bawah ini adalah resep favorit keluarga yang mudah pengerjaannya. Bahan-bahannya mudah di cari dan tergolong ekonomis. Usahakan untuk selalu menyajikan protein dengan bahan makanan lain yang berserat tinggi agar asupan gizi menjadi imbang.  
    Bahan-bahan :
    - 5 potong leher ayam 
    - 5 pasang ati ampela ayam
    - 2 papan petai
    - 2 sdt garam
    - 2 sdt merica 
    - 1\2 sdt cuka masak
    - 1000 ml air untuk merebus
    - 1 lbr daun salam 
    - 1 batang serai
    - 1 lbr daun jeruk
     Bumbu :
    - 8 btr bawang merah
    - 5 siung bawang putih
    - 6 bh cabai merah besar
    - 1 bh tomat merah
    - 1 sdt garam
    -  1\2 sdt lada
    Cara membuat :
    1. Bumbu: Bawang merah, cabai merah dan tomat di potong-potong kasar. Lada dihaluskan, tambahkan bahan-bahan lain dan haluskan.Sisihkan.
    2. Didihkan air, rebus hati, ampela, dan leher secara terpisah hungga matang empuk. Angkat dan tiriskan. Lalu masing-masing dilumuri garam dan merica. khusus untuk ati, tambahkan cuka agar jika diiris tidak hancur. Diamkan 10 menit. Kemudian leher di potong 2 cm, ati dan ampela di potong dadu selera.
    3. Panaskan minyak, goreng ati, ampela dan leher ayam secara terpisah hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sementara itu serai di memarkan, petai di belah 2, sisihkan.
    4. Panaskan 2 sdm minyak bekas ampela dengan api sedang, tumis bumbu halus hingga harum. Masukan serai, daun salam, daun jeruk dan petai. Aduk-aduk hingga bumbu layu. Tambahkan ati, ampela dan leher. Kecilkan api, masak sambil diaduk hingga bumbu rata dan meresap. Angkat dan sajikan segera dengan nasi pulen hangat.
    Tips:
    * Resep ini diadaptasi dari salah satu masakan khas Padang. Bedanya petai disini dikupas, sedang aslinya petai dipilih yang masih muda lalu di iris tipis bersama kulitnya. Pemakaian cabai merah sudah disesuaikan dengan lidah awam. Jika dirasa kurang pedas, pakailah cabai merah keriting dan cabai rawit merah.

    No comments

    Post Top Ad