Header Ads

  • Info Terkini

    Nikmati Sensasi Cabai Di Masakan Ayam

    Ayam Masak Cabai
    Porsi: 4 porsi, 
    Persiapan memasak: 15 menit, 
    Lama memasak 20 menit, 
    Kalori: 224,5 kal,
    Protein: 27,5 gr, 
    Lemak: 4,9 gr,
    Karbohidrat: 21,6 gr

    Seringkali kita kebingungan memilih masakan apa yang sebaiknya diberikan pada anak yang baru sembuh dari sakit dan anak anak yang tinggi aktifitasnya. Pemberian gizi lebih pada anak anak yang baru sembuh sakit memang diharuskan. Tujuannya agar daya tahan tubuh si anak cepat pulih.
    Begitu pula dengan anak anak yang memiliki banyak aktifitas. Mereka memerlukan makanan yang kandungan proteinnya tinggi untuk memberi tenaga tambahan dan mempertahankan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit atau lelah.
    Sebaiknya ketika mengolah daging diimbangi dengan bahan makanan lain yang banyak seratnya. Contohnya dengan sayuran. Pilihlah bahan protein yang disukai buah hati anda lalu olah dengan aneka bahan makanan bergizi lainya.
    Resep dibawah ini tidak sulit untuk mengolahnya yang penting bahan-bahan nya komplit dan ikuti petunjuk dalam resep. Hasil nya anda akan menikmati langsung. Untuk daging sebaiknya direbus setengah matang lebih dulu lalu diolah sesuai resep, agar anda tidak terlalu lama memasaknya menunggu daging matang.

    Bahan-bahan:
    - 500 gr daging dada ayam tanpa tulang
    - 1 sdt garam
    - 1/2 sdt merica
    - 1 sdt gula pasir
    - 2 sdm saus hoisin
    - 1 sdt minyak wijen 
    - 2 sdm minyak goreng 
    - 1 btg daun bawang
    - 1 bh bawang bombay
    - 3 siung bawang putih
    - 1 sdm tepung meizena 
    - 200 ml kaldu ayam
    - 100 gr cabai kering
    - 150 gr wortel
    - 1 ruas jahe

    Cara Membuat:
    1. Cuci bersih dada ayam lalu potong dadu 2 cm sisihkan. Daun bawang di iris serong 2 cm dan bawang bombay di potong 2 cm, sisihkan. Bawang putih dan jahe di memarkan, sisihkan. Wortel diiris tipis serong dan tepung meizena dilarutkan dengan 2 sdm air, sisihkan. 
    2. Panaskan minyak goreng dan minyak wijen dengan api sedang, tumis potongan daging ayam sambil diaduk-aduk hingga kaku dan berubah warnanya tiriskan dan sisihkan. 
    3. Panaskan kembali minyak tadi dengan api sedang, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan berwarna kecoklatan. Masukan jahe dan irisin wortel, aduk-aduk. Tambahkan ayam tumis dan kaldu. Masak hingga mendidih. 
    4. Beri garam, merica, gula pasir, saus hoisin, cabai kering dan irisan daun bawang. Kecilkan apinya dan teruskan memasak hingga mendidih. Sesekali diaduk. Setelah mendidih, tuang larutan meizena. Masak hingga kuah mengental dan tinggal sedikit. Angkat dan sajikan segera panas-panas
    Tips:
    * Jika dirasa cabai kering terlalu pedas, dapat diganti dengan 2 bh cabai merah keriting atau 3 bh cabai merah besar yang sudah dibuang bijinya dan di tumbuk kasar. Atau 2 sdt peres bubuk cabai. 
    * Ayam masak cabai ini diadaptasi dari masakan cina, ayam kungpao. Ayam kungpao tidak memakai wortel tapi kacang mete goreng dan jahe muda yang diiris seperti korek api serta potongan nanas.
    * Untuk variassi bentuk, potongan daging ayam di goreng dengan tepung lebih dulu.

    No comments

    Post Top Ad