Resep Ayam Bakar Bumbu Kecap Spesial

Ayam Bakar


Untuk membuat masakan lezat tidak perlu bumbu maupun bahan yang mahal. Komposisi bumbu dengan bahan yang pas dengan sedikit bumbu tambahan akan membuat masakan menjadi lezat. Bagaimana dengan kecap? Kecap bukanlah bumbu melainkan pelengkap saja. Pemberian kecap yang pas akan membuat masakan menjadi pedo. Begitu pula jika resep pemberian kecap pada masakan ayam bakar akan memberikan cita rasa lezat, spesial dweh.
Ayam bakar adalah satu olahan paling mudah di masak dan di sajikan. Tidak banyak penggunaan bumbu namun bisa menghasilkan cita rasa lezat dan pedo. Yang perlu di perhatikan dalam proses pembuatan ayam bakar adalah nyala api dan tingkat kematangan daging.
Daging ayam yang terlallu matang akan menghilangkan aroma khas daging ayam. Dan daging ayam yang bellum terlalu matang pun mengakibatkan bumbu dan sambal tidak akan meresap. Pilihan terbaik adalah daging ayam di masak dallam api arang yang sedang-sedang saja. Meskipun akan menyita waktu yang agak lama namun aroma dagingnya akan tercium.

Bahan dan bumbu


 8 buah paha / dada ayam
 1 buah jeruk nipis

·         1 sendok teh garam
·         2 batang serai, memarkan
·         8 lembar daun jeruk
·         2 sendok makan kecap manis
·         ½ sendok teh merica bubuk
·         ½ sendok teh gula pasir
·         ½ sendok makan air asam jawa
·         250 ml air
·         2 sendok makan minyak goring

Bumbu yang dihaluskan :

·         10 butir bawang merah yang telah dihaluskan
·         4 siung bawang putih yang telah dihaluskan
·         2 cm jahe
·         2 cm lengkuas
·         2 buah cabai merah keriting
·         1 sendok teh garam

Proses Pengolahan Ayam Bakar Bumbu Kecap Spesial Terlezat :

·         Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan garam, lalu didiamkan selama 15 menit.  Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, tambahkan jeruk dan serai hingga harum. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna.
·       Tambahkan kecap manis, merica bubuk, gula pasir, air dan asam jawa. Aduk merata, masak hingga matang dan bumbu meresap hingga kecium harum ayam bakarnya.
·         Bakar ayam sambil di bolak balik dan sesekali diolesi bumbu hingga terasa harum. Angkat dan hidangkan.
Bagaimana? Cukup mudah bukan dan cukup jelas bukan langkah-langkah diatas tentang Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Spesial Terlezat??? Jangan lewatkan artikel mengenai resep makanan lainnya ya bund.










  







Comments

Popular posts from this blog

Resep Masak Ayam Rendang Tanpa Santan

Resep Ayam Penyet Gurih Spesial

Resep Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu